Sy suka tulisan yang ini, tentang plotting SDM dan strategi bermain ala bola..
enaknya cangkrukan di warung sambil minum kopi, membicarakan bola dan pemain2nya..
dR. baca2..

Sepak bola adalah permainaan yang tidak hanya mengandalkan kualitas pemain dan teknik bertahan atau menyerang saja, tetapi juga formasi pemain.
kalau diterjemahkan dg bahasa kita: Dakwah tidak hanya mengandalkan kualitas kader dan strategi pemenangannya, tapi juga plotting SDM.

Formasi ditentukan oleh pelatih regu sebelum permainan dimulai. Setiap pemain diharapkan mengetahui tugas masing-masing sesuai posisinya dalam formasi tersebut. #ma’rifatul medan 

Pemilihan susunan pemain dan strategi yang tepat akan memberikan kemenangan pada regu. Susunan pemain bukanlah hal yang mutlak. Posisinya dapat berubah sesuai dengan kondisi dan strategi yang dilakukan. Formasi regu sepak bola ditentukan oleh cara yang akan ditempuh suatu regu untuk memenangkan pertandingan. Suatu regu bisa menggunakan pola bertahan atau pola menyerang. Pelatih dapat menurunkan siapa pun pemain yang dimilikinya dengan memerhatikan kondisi fisik dan kesiapan mental pemainnya. Jika ia telah menentukan pemainnya, maka ada beberapa pola pertahanan yang dapat dipilih, yaitu formasi 4-3-3, formasi 4-4-2, formasi 5-4-1, dan formasi 5-3-2.

 

menarik!

para pelatih [qiyadah] di sini. bisa duduk bareng untuk membicarakan tim impiannya, -The Dream Team-

Stadion:

siapa yg bisa nangkep bola di bawah tiang pondasi,..

di benteng pertahanan,..

yg diperbantukan di sayap-sayap bentengnya,..

asisten jenderal lapangan tengahnya diserahin ke,..

sang jenderal bintang tujuh,..

wakil jenderal yang di tangan kanan,..

tangan kiri,..

pemain bekasnya, second striker adalah,..

 

para pelatih, kiper, atau pemain terkait.. rembugan bareng khusus untuk membagi formasi pemain. siapa yang jadi bek, gelandang, penyerang, atau sayapnya di lapangan hijau. setelah itu tabayun, siapa yg ditugaskan.. karena kalau masing2 pelatih [qiyadah, red] tabayun, membuat bingung pemain itu sendiri..

sebelum permainan dimulai,.. meski 1 sudah separo jalan, yang lain masih banyak.. segera dieksekusi agar bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sejumlah tempat di lapangan..

untuk yg tidak siap jadi pemain, dipersilakan jadi penonton di luar..

iNsya Alloh masih bisa jadi defender, sampai krisis kader ini bisa teratasi

semoga..