Ada greget lebih untuk memperbaiki negara agar Indonesia lebih maju dan berkembang.
Negara Gingseng, KoRseL,, yang usia merdekanya lebih muda dari Indonesia,.. yang dahulu lebih miskin, tapi sekarang menempati papan atas Negara Maju.. why?

.. bahwa untuk memperbaiki negara tidak hanya dibutuhkan anggota dewan yang baik, tapi juga birokrasi yang bisa dihandalkan. Jadi kita tidak mungkin bisa memperbaiki negara jika tidak bisa memperbaiki birokrasinya.

Kata lainnya, melakukan perbaikan pemerintahan dengan reformasi birokrasi [butuh pengawalan internal dari dalam birokrasi sendiri]. Dengan adanya reformasi diharapkan agak sedikit cepat perubahan yang dapat dilakukan meski tidak secepat revolusi.

Ada contoh Presiden Filipina, Gloria Macapagal Arroyo, yang sekarang sudah lengser. Peristiwa kudeta tak berdarah yang menggulingkan Presiden Joseph Estrada di tengah-tengah tuduhan korupsi [dulu]. Karena juga ada momen sehingga bisa mengambil alih kekuasaan. Namun dibalik itu sebenarnya Arroyo bukan mendadak jadi presiden, melainkan pada tahun-tahun sebelumnya sudah melakukan konsolidasi, koordinasi, dan mobilisasi dengan kelompok-kelompok pendukungnya.

Ada siroh 2 sahabat yang diutus Nabi berangkat ke Yaman. Nabi mewasiatkan 3 pesan ke mereka, yaitu:
1. Jangan yang mudah kamu persulit
2. Gembirakanlah
3. Jangan ada benci

Aplikasinya..
Akibat sebuah perpanjangan sistem membuat orang baik tidak bisa muncul dengan leluasa, dan perlu perjuangan untuk mencarinya. Orang-orang baik itu sebenarnya banyak, dan LEBIH BANYAK LAGI orang yang ingin baik. Seorang koruptor atau pencuri ayam kampung sekalipun, pasti dalam hati nuraninya tidak ingin anaknya kelak jadi seperti dia.

PR-nya..
Mencari dan merangkai orang2 baik di sekitar kita dengan kesatuan visi bersama, sedikit-demi sedikit sehingga semakin berani memunculkan kebaikannya.
Just the simple one. But hard to practice

Wallahu’alam bish Showab

# udah lamir, ndak smooth alurnya.. Kalo ada distorsi, moga ga parah2 banget😀
Ngapunten menawi lepat.
Any others’ opinions ^^