Duhai manusia-manusia terpilih, ijinkan kami mengambil ibroh
.. dan bukankah hikmah adalah milik mukmin yang hilang? Maka dimanapun ia menemukannya, ia yang paling berhak atasnya.

Kegagalan bukan berarti kita harus menyerah apalagi putus asa. Kegagalan itu berarti kita harus intropeksi diri dan berikhtiar lebih keras dari hari kemarin. Selama masih memiliki tujuan yang mengarahkan untuk dicapai, tidak pantas patah semangat di tengah jalan. Sekali-kali tidak boleh ada yang namanya putus asa. Karena dalam kenyataannya, tidak ada sukses sejati yang tercipta tanpa melewati kegagalan. Jangan takut gagal!

Setiap orang ada ujiannya masing-masing, tapi yakinlah akan pertolongan-Nya. Ujian adalah sarana tarbiyah dari Alloh untuk menyucikan diri juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita. Asalkan masih punya iman dan bisa beribadah, serta dekat dengan Alloh sudah cukup. Bisa saja ujian yang kita alami merupakan sarana untuk menaikkan derajatnya di sisi Alloh asalkan ia mau bersabar dan ikhlas dalam menjalaninya..

Gembirakanlah hatimu, karena boleh jadi beratnya ujian ini merupakan jalan untuk menaikkan derajatmu di sisi Alloh. Bersyukurlah karena nikmat yang kau terima lebih banyak.. Sesungguhnya segala keresahan dan kegundahan hati biasanya berkaitan dengan masalah duniawi. Kebesaran jiwa yang lahir dari rasionalitas, realisme, dan sangkaan baik kepada Alloh, adalah keajaiban yang menciptakan keajaiban. Ketika kehidupan tidak cukup bermurah hati mewujudkan mimpi kita, tambatkan harapan kepada sumber segala harapan, Alloh..

Alloh tidak membiarkan kesedihan yang menimpa hamba-Nya yang beriman lewat begitu saja. Namun duka mereka diganjar dengan anugerah-anugerah agung dan berlipat ganda. Kalau tidak di dunia, di akhirat iNsya Alloh lebih mulia.

Jangan berkecil hati, sesungguhnya semua telah ditentukan oleh Alloh. Ukhty, tenanglah,.. sungguh kehidupan ini sementara, tak ada musibah yang abadi dan tak ada kenikmatan dunia yang abadi pula. Maka bertawakal dan bersabarlah..

Kita tidak pernah tau rahasia Alloh terhadap takdir kita. Husnudzon pada-Nya. Yang Maha Tau kelemahan manusia. iNsya Alloh yang dipilihkan adalah yang terbaik.
Seorang muslim itu luar biasa, jika diberi nikmat ia bersyukur jika diberi cobaan ia bersabar. HR. Muslim

Keep silaturahim.
Sabar itu buahnya manis, itu kalau metiknya pas sudah mateng lho yaa.. iNsya Alloh apa yang menjadi kehendak-Nya, maka itu yang terbaik. Bisa jadi kita menyukai sesuatu padahal itu buruk menurut Alloh dan sebaliknya. 2:216
iNsya Alloh ada ibrohnya, biar kita lebih siap menghadapi ujian kehidupan ini selanjutnya.

Sesuatu yang jadi haq takkan kemana, sesuatu yang luput takkan menimpa. 57:23
Banyak orang yang bisa menolong, tapi jarang yang bisa bertahan dalam posisinya sebagai penolong untuk waktu yang begitu lama sebagaimana telah dilakukan orang-orang Anshor. Di keping mata uang perjalanan Islam, Muhajirin dan Anshor mencetak peran agung di masing-masing sisinya. Masing-masing sisi mata uang itu ditempa dengan palu dan godam kesulitan, kenestapaan, rasa sakit, dan air mata, lalu dikilapkan dengan kerelaan dan cinta.

Ridho terhadap Qodho’ [ketetapan Alloh], maka dia dibiarkan seperti keadaannya dan dia mendapat pahala. Siapa yang tidak ridho terhadap qodho’ Alloh, maka dia dibiarkan seperti keadaannya dan pahala amalnya menjadi gugur. – Ali bin Abi Tholib

Sa’ad bin Abi Waqqosh ra. bertanya pada Rosul: “Wahai Rosul, siapa yang paling berat ujiannya” Beliau menjawab: “Para Nabi kemudian yang mengikuti mereka [orang-orang mulia] 2x. Seseorang diuji sesuai dengan kadar dien [iman]-nya. Kalau imannya kokoh, maka berat pula ujiannya. Apabila imannya lemah, dia diuji sesuai kadar imannya. Dan senantiasa ujian itu menimpa seorang hamba sampai [Alloh] membiarkannya berjalan di muka bumi dalam keadaan tidak lagi mempunya dosa” – HR. At Tirmidzi

iNsya Alloh halaman hatiku masih luas untuk mengingat semua kesholihan yang telah anti jadikan pelajaran hidup yang sangat berharga. Hanya do’a yang selalu mengiringi agar Alloh mempertemukan kita di Surga-Nya..

Perjuangan hidup masih panjang. Pasti Alloh punya rencana yang jauh lebih baik buat semuanya. Face up & get up doeloe! Semoga keutamaan ujian ini bisa didapat. Keep going! Tetap tawakal & husnudzon pada Alloh. Semoga dipermudah semua urusannya. [aku bakal ada buat dengar kamu cerita -Red]

4 mysista – oct’11